Follower

Selasa, 31 Desember 2013

Soal Asli Ujian Sekolah IPA SMK Tahun pelajaran 2012/2013

Assalamualaikum,,,
Postingan kali ini adalah bertemakan ujian, karena bentar lagi siswa-siswa akan menempuh ujian akhir sekolah khususnya yang di kelas ujung. Ini aku sertakan soal ujian sekolah IPA SMK jurusan non teknik tahun 2013 kemarin. Untuk kunci jawaban sengaja tidak dibahas agar kalian mandiri mengerjakannya. Semoga bermanfaat.

1. Di antara perubahan materi berikut yang termasuk perubahan kimia adalah…..
a. Adonan kue
b. Kain diubah menjadi serbet
c. Gula larut dalam air
d. Beras menjadi tepung
e. Kedelai menjadi tempe

2. Lambang unsur karbon, kalsium dan tembaga berturut-turut adalah …..
a. Ca, C, Cu
b. C, Ca, Cu
c. K, Ka, T
d. Ka, K, Te
e. Ka, Ca, Te

3. Hasil studi mengenai dampak suatu kegiatan yang direncanakan terhadap lingkungan hidup, yang diperlukan         bagi proses pengambilan keputusan disebut …..
a. Amdal
b. Andal
c. Studi evaluasi lingkungan (SEL)
d. Penyajian evaluasi lingkungan (PEL)
e. Penyajian informasi lingkungan (PIL)

4. Berikut ini adalah yang termasuk ke dalam dokumen Amdal…..
a. PEL, Ka-Andal, Amdal, RPL
b. Ka-Amdal, Andal, RPL, PEL
c. Ka-Andal, Andal, RKL, RPL
d. Ka-Andal, Andal, RPL, Amdal
e. Ka-Amdal, Amdal, RKL, RPL

5. Di antara zat berikut yang merupakan contoh senyawa adalah…..
a. Tembaga
b. Besi
c. Belerang
d. Alkohol
e. Air raksa

6. Sorot lampu proyektor dalam gedung bioskop yang berasap dalam sistem koloid dikenal dengan…..
a. Efek Tyndall
b. Refleksi koloid
c. Dialisis 
d. Elektroforesis
e. Gerak Brown 

7. Satuan kuat arus dalam listrik adalah…..
a. Volt 
b. Joule
c. Ampere 
d. Ohm 
e. Watt 

8. Perhatikan rantai makanan berikut! (untuk soal nomor 8 dan 9) 
        Rumput        Belalang        Burung kecil          Elang
    Pada rantai makanan tersebut, yang menjadi konsumen sekunder/tingkat II adalah….
a. Rumput 
b. Burung kecil
c. Belalang
d. Elang
e. Rumput dan belalang

9. Sedang yang bertindak sebagai produsen adalah…..
a. Burung kecil
b. Belalang
c. Elang 
d. Padi dan belalang
e. Rumput 

10. Larutan di bawah ini yang tergolong larutan asam adalah…..
a. H2SO4 dan HCl
b. MgSO4 dan Na2SO4
c. NaOH dan KOH
d. Ba(OH)2 dan KOH
e. NaCl dan MgSO4

11. Pada pembuatan minuman sirup diperlukan air sebanyak 700 cc dan sirup sebanyak 400 mL. jika                         pencampuran tersebut tidak terjadi perubahan volume, maka jumlah minuman yang dihasilkan adalah….liter
a. 0,7
b. 1,1
c. 2,9
d. 7,0
e. 11 

12. Mentega dan keju merupakan contoh zat yang memiliki sistem koloid, dimana fase terdispersinya dan                   pendispersinya adalah…..
a. Cair-cair
b. Cair-gas
c. Cair-padat
d. Padat-gas
e. Padat-cair

13. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering dihadapkan pada masalah di sekitar kita, seperti timbulnya bencana         banjir, kekeringan, tanaman-tanaman padi tidak subur dan sebagainya. Agar masalah-masalah tersebut               dapat dipecahkan dengan baik, perlu mengikuti tahap-tahap sebagai berikut…..
a. Hipotesis, observasi, eksperimen, kesimpulan
b. Eksperimen, observasi, hipotesis, kesimpulan
c. Observasi, eksperimen, kesimpulan, hipotesis
d. Hipotesis, eksperimen, observasi, kesimpulan
e. Observasi, hipotesis, eksperimen, kesimpulan

14. Aku tinggal di sebuah kota kecil yang terletak di suatu dataran tinggi. Namun 2 tahun belakangan ini pada             musim hujan sering terjadi banjir. Rumusan masalah yang mungkin untuk kasus di atas adalah…..
a. Mungkinkah di daerah dataran tinggi terjadi banjir?
b. Apakah membuang sampah sembarangan merupakan penyebab terjadinya banjir di kotaku?
c. Hujan menimbulkan banjir
d. Sering terjadi banjir di kotaku pada musim hujan dalam dua tahun terakhir
e. Apakah penyebab banjir di daerah dataran tinggi?

15. CnH2n adalah rumus umum dari senyawa…..
a. Alkena 
b. Alkana 
c. Alkuna 
d. Alkil
e. Alkohol 

16. Masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam lingkungan               hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun merupakan definisi dari…..
a. Limbah cair 
b. Polusi
c. Sampah
d. Asap
e. Limbah organik

17. Pemanasan global di bumi yang disebut juga efek rumah kaca disebabkan oleh polutan…..
a. NH3
b. Hg
c. CO2
d. Pb
e. NOX

18. Sumber energi utama yang masuk ke dalam ekosistem berasal dari…..
a. Air
b. Tanah 
c. Matahari 
d. Panas api
e. Tanah

19. Organisme yang mampu menyediakan makanannya sendiri yang berupa bahan makanan organik                         dinamakan…..
a. Biotik 
b. Abiotik 
c. Heterotrof 
d. Autotrof 
e. Dekomposer 

20. Berikut ini yang bukan merupakan karakteristik limbah B3 adalah…..
a. Tidak menyebabkan infeksi 
b. Reaktif
c. Beracun
d. Mudah meledak
e. Mudah terbakar

21. Limbah yang berasal dari makhluk hidup (manusia, hewan, dan tumbuhan) dan dapat diuraikan oleh                     mikroorganisme baik secara aerob maupun anaerob disebut…..
a. Limbah industri
b. Limbah pertanian
c. Limbah organik
d. Limbah domestik
e. Limbah anorganik

22. Tanaman di dalam pot ditutupi oleh kantong plastik putih transparan. Beberapa jam kemudian pada kantong         plastik terdapat tetes-tetes air. Peristiwa tersebut menunjukkan bahwa tanaman…..
a. Adaptasi
b. Membutuhkan energi
c. Bergerak
a. Berkembang biak
b. Bernapas

23. Tsunami dapat terjadi karena gelombang besar yang disebabkan oleh hal berikut, kecuali…..
a. Patahan di dasar laut
b. Meteorid yang jatuh ke laut
c. Tanah laut longsor
d. Curah hujan yang deras
e. Terbentuknya pulau baru di laut

24. Berikut ini yang merupakan contoh ekosistem alam adalah…..
a. Waduk
b. Hutan hujan tropis
c. Kebun teh
d. Gedung bertingkat
e. Akuarium 

25. Pengurai bertugas menghancurkan jasad mati agar terurai menjadi unsur-unsur pembentuk komponen                 abiotik kembali. Kelompok organisme berikut ini yang merupakan pengurai adalah…..
a. Bakteri pembusuk dan jamur
b. Hewan 
c. Tumbuhan parasit
d. Tumbuhan hijau
e. Alga berklorofil

26. Sumber daya alam yang tidak habis terpakai antara lain…..
a. Hewan dan tumbuhan 
b. Sumber energi cahaya matahari 
c. Tambang dan mineral 
d. Gas alam dan minyak bumi 
e. Hutan

27. Perubahan bentuk energi yang terjadi pada blender yang sedang digunakan adalah …..
a. Energi listrik menjadi energi panas
b. Energi kimia  menjadi energi panas
c. Energi listrik  menjadi energi cahaya
d. Energi listrik  menjadi energi gerak
e. Energi gerak  menjadi energi listrik

28. Di dalam suatu ekosistem yang normal, kelompok yang paling besar biomassanya adalah…..
a. Pengurai 
b. Konsumen I
c. Konsumen II
d. Konsumen III
e. Produsen

29. Pemanfaatan sumber daya hutan yang berlebihan sehingga menimbulkan dampak negatif adalah…..
a. Overeksplorasi hutan
b. Eksplorasi hutan
c. Perusakan hutan
d. Overeksploitasi hutan
e. Overeksplorasi hutan

30. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui antara lain…..
a. Tambang
b. Air 
c. Bahan galian
d. Emas
e. Logam

31. Berikut ini upaya untuk menjaga keseimbangan lingkungan di ekosistem hutan, kecuali….
a. Tidak membakar hutan
b. Tebang pilih
c. Reboisasi
d. Illegal logging
e. Mencegah perburuan hewan

32.
Pada gambar di atas terdapat aktivitas eksploitasi hutan secara berlebihan yang dapat menyebabkan bencana alam. Ini berarti hutan memiliki fungsi sebagai….
a. Mencegah tsunami
b. Mencegah gempa
c. Mencegah banjir
d. Sebagai habitat makhluk hidup
e. Sebagai sumber obat-obatan

33. Bila kadar CO2 dalam suatu ekosistem menurun maka organisme yang pertama kali menerima dampak               negatifnya adalah….
a. Produsen
b. Dekomposer
c. Karnivora 
d. Konsumen 
e. Herbivora


34. Berikut ini yang tidak termasuk penyakit-penyakit yang ditimbulkan karena mengkonsumsi air yang tercemar         adalah….
a. Diare
b. Gatal-gatal
c. Muntaber
d. Demam berdrah
e. Penyakit kulit

35. Ekosistem dibentuk oleh dua komponen utama, yaitu….
a. Biotik dan komunitas 
b. Produsen dan konsumen
c. Biosfer dan pengurai
d. Abiotik dan pengurai
e. Biotik dan abiotik

36. Massa molekul relatif dari CH3COOH adalah….. (jika Ar H= 1, Ar C= 12,
        Ar O= 16) 
a. 48
b. 60
c. 80
d. 90
e. 30

37. Jumlah neutron, proton, dan electron yang terdapat pada 19K berturut-turut adalah….
a. 12 neutron, 19 proton, 23 elektron 
b. 10 neutron, 19 proton, 19 elektron 
c. 12 neutron, 11 proton, 11 elektron 
d. 20 neutron, 19 proton, 19 elektron 
e. 19 neutron, 19 proton, 39 elektron 

38. Detergen dapat menyebabkan pendangkalan perairan, hal ini dikarenakan.…
a. Detergen memiliki daya pembersih 
yang  tinggi 
b. Detergen dapat menghasilkan 
banyak busa 
c. Detergen akan 
mematikan mikroorganisme pengurai
d. Detergen akan menguraikan 
sampah yang ada dalam perairan
e. Detergen akan membantu 
kehidupan organisme pengurai 

39. Bahan dasar dalam proses fotosintesis adalah….
a. Glukosa dan CO2
b. O2 dan cahaya matahari
c. Air dan CO2
d. Glikogen dan CO2
e. Semua jawaban benar

40. Di bawah ini yang bukan merupakan Andal bagi masyarakat adalah….
a. Turut serta dalam pembangunan 
di daerah sejak awal 
b. Untuk keperluan analisis, 
kemajuan teknologi dan pengetahuan 
c. Mengetahui perubahan lingkungan 
guna memanfaatkan kesempatan 
dan menghindarkan diri dari kerugian
d. Mengetahui rencana pembangunan 
di daerahnya 
e. Mengetahui hak dan kewajiban 
antara proyek denagn menjaga 
kualitas lingkungan

41. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya dinamakan                 ilmu….
a. Ekosistem 
b. Biologi 
c. Alam
d. Ekologi 
e. Fisika
42. Ciri tumbuhan di bioma gurun adalah….
a. Daun berukuran kecil
b. Daun tipis 
c. Pohon rindang
d. Rumput 
e. Daun melebar

43. Peraturan AMDAL bersifat memaksa, hal ini karena….
a. Diharuskan oleh pemerintah
b. Setiap orang harus melakukan AMDAL
c. Adanya undang-undang yang telah ditetapkan
d. Setiap warga negara berhak melakukan AMDAL
e. Pengusaha yang tidak melakukan AMDAL akan diberi sanksi

44. Komunitas yang terdiri atas karang batu dan lainnya dinamakan komunitas….
a. Ekosistem pantai
b. Estuari
c. Abisal
d. Hadal pelagik
e. Terumbu karang

45. Ukuran partikel suspensi adalah….
a. < 0,001 mikron
b. 95 cm
c. ≥ 100 cm
d. > 0,1 mikron
e. 1000 nm

46. Suatu senyawa yang hanya mengandung unsur 
        karbon dan hidrogen disebut….
a. Air 
b. Hidrokarbon 
c. Hidrogen
d. Karbonat
e. Karbohidrat

47. Suatu alat yang dapat digunakan untuk mengamati mikroorganisme adalah….
a. Termometer
b. Higrometer
c. Speedometer
d. Mikroskop
e. Stetoskop

48. Interaksi antara ikan remora dengan ikan hiu disebut….
a. Netral
b. Mutualisme
c. Kompetisi
d. Parasitisme
e. Komensalisme 

49. Setiap makhluk hidup memiliki kemampuan 
      untuk berkembangbiak. Tujuan makhluk hidup berkembangbiak adalah….
a. Memperkuat kelompok
b. Menambah anggota populasi
c. Menambah keturunan
d. Menghasilkan keturunan yang baik dan 
        berkualitas
e. Menjaga kelestarian jenisnya agar tidak mengalami kepunahan

50. Gerakan bumi melingkar mengelilingi matahari
     disebut…..
a. Revolusi
b. Rotasi
c. Gerakan semu
d. Resolusi
e. Resonansi


Minggu, 22 Desember 2013

Catatan Kecil Tabligh Akbar AQL: Bekerja dan Bekerja Sama Untuk Islam


Para akhwat sedang menyimak acara melalui proyektor di Aula

Bismillahirrahmannirrahim,,,

Ahad, 15 Desember 2013

Minggu pagi dengan awan yang cukup jenuh uap air, alhamdulillah aku akhirnya dikehendaki Allah tuk berangkat menuju Tebet untuk menghadiri Tabligh Akbar 5 tahun AQL (Ar Rahman Quranic Learning Center). Ingin hati berkoloni datang ke sana, tapi teman2 banyak yang berhalangan hadir, jadi karena terdesak rindu berkumpul di taman surga akhirnya soliterlah aku ke sana (hehe, pembukaan berisi curhat).

Untuk menuju AQL, aku mencoba jalur: pertama naik busway turun di halte karet, kemudian nyambung mikrolet 44 lalu turun di SMP 115. AQL berada di belakang SMP itu. Untungnya ada laskar anak2 AQL yang menunggu di depan SMP sebagai penunjuk jalan. Sampai sana pukul 08.30, dan ternyata jamaah akhwatnya sudah penuh ditempatkan di aula. Sedikit kecewa kami para akhwat hanya bisa menyimak acara lewat layar TV, hehe, karena yang ngisi acara berada di luar. Tapi atmosfer ilmunya nyampe kok (secara duduk di depan speaker).

Tidak lama berselang, acara pun dimulai dengan MC yang aku ga tau namanya (sepertinya tidak memperkenalkan diri). MC nya cukup kocak dengan candaan2 yang cerdas. Berikut ini susunan acara dan isinya secara singkat yang aku bisa simak:

1. Pembacaan surat Ad-Dhukkan oleh M. Alvin Firmansyah (Hafidz Indonesia)
  Subhanallah, begitu mendengar lantunan kalam Allah dari lisan anak ini, secara refleks timbul rasa merinding diikuti keluarnya bulir bening di sudut kornea. Indah sekali suaranya ditambah itu dilatunkan diluar kepala. Umurnya baru 11 tahun tapi sudah hapal belasan Juz (lupa tepatnya). Jadi termotivasi nanti kalo punya anak niat mau di didik seperti dia, hehehe.

2. Pembacaan surat An Naba oleh anak2 Hafidz Indonesia
  Subhanallah lagi dan lagi tuk anak2 ini. Mereka masih unyu2 tapi aku kalah coz mereka minimal udah pada hapal juz 30. Hilya dan teman2 melantunkan Surat An Naba berjamaah, di mana surat itu adalah surat favoritku, jadi berkesan banget...

3. Salam Ukhuwah dari Daiyah Mursidah
  Ananda Mursidah adalah juara 2 Dai Muda ANTV. Beliau jauh datang dari Makassar tuk hadir di acara ini. Beliau hanya berbincang sedikit dengan MC, yang intinya beliau mendukung tema "Bekerja sama untuk islam"

4. Sambutan pembukaan oleh Ustadz Bachtiar Nasir (dari AQL)
  Beliau memberi ucapan selamat datang di acara ini dan menyapa para ustad2 dan jamaah yang hadir. isi sambutan yang lainnya maaf agak lupa, hehe.

5. Tausyiah oleh Ustadz Muhammad Khattath (dari FUI)
  Ini kali pertama aku menyimak tausyiah beliau. Dan ternyata isinya sangat jelas di pahami diselingi candaan cerdas. Isi tausyiahnya adalah beliau berkata kalau mau umat islam kembali berjaya, itu semua harus di mulai dari lingkungan RT/RW. Menurut surat Al Hajj ayat 41, "rukun RT" itu ada 4, yaitu:
Mendirikan shalat, membayar zakat, menyuruh yang baik, dan mencegah dan melarang  yang mungkar.

  Jadi tugas pak RT/RW adalah memotivasi warganya tuk menjalani rukun itu. Laskar-laskar tingkat RT/RW perlu dibentuk tuk membantu tugas pak RT/RW. Salah satu tugasnya mengubah waktu kunjung doi di malam ahad menjadi waktu kunjung dai, hehehe

  Beliau juga berkata 2 tanda2 kebangkitan islam ada pada zaman Umar Bin Abdul Aziz. yaitu: shalat subuh berjamaah shafnya penuh dan orang2 paling malas membaca Quran 1 hari minimal 1 juz. Subhanallah, semoga Indonesia bisa seperti itu nanti.

6. Tausyiah Oleh Ustadz Fadlan Gamaratan (dari AFKN)
  Ustadz dari papua ini menceritakan tentang sejarah presiden2 RI dahulu sampai sekarang yang belum membawa keberkahan dari Allah bagi rakyatnya. Karena para Ulil Amri tersebut telah mengubah kebenaran jadi kebatilan. Beliau juga bercerita kalau jalan dakwah itu penuh rintangan sampai mengancam nyawa beliau waktu dakwah di papua.

7. Tausyiah oleh Ustadz Muhsin Alatas (dari FPI)
  Ustadz pimpinan FPI ini, intinya berujar kita di Indonesia umat islam terbagi ke dalam berbagai organisasi seperti NU, Muhammadiyah, FPI, dll. Masing2 memiliki kelebihan dan kekurangan serta perbedaan. Akan tetapi perbedaan yang tidak prinsip jangan sampai membuat pecah persaudaraan atas nama islam. Indahnya jika kita bersatu saling mengisi sesuai keahliannya, sehingga kemungkinan besar umat islam akan bangkit dan membawa keberkahan di negeri ini. Semoga Ya Rabb.

8. Tausyiah oleh Aa Gym (dari DT)
  Setelah ustadz2 sebelumnya tampil dengan suara menggelegar, sekarang Aa tampil syahdu dengan tausyiahnya yang menyentuh hati. Intinya Aa bercerita, kalau kita harus menempatkan cinta pertama kita kepada Allah di atas cinta kepada makhluk. Hanya berharap dan bersandar padanya maka hidup ini akan tenang. Salah satu kita masih dihargai oleh sesama manusia adalah itu semua karena kemurahan Allah yang telah menutup aib2 kita. Sesama manusia harus menjauhi sifat dengki karena itu akan memakan amal ibadah kita. 

9. Tausyiah penutup oleh Ustadz Bachtiar Nasir
  Duh, maaf isi tausyiahnya agak lupa. Intinya beliau merangkum tausyiah2 sebelumnya dari para ustadz. Dan beliau mengajak kita agar bekerja dan bekerja sama untuk islam jangan setengah2, harus total. Semoga Ya Allah
kita semua bisa action seperti itu.

10. Shalat Zuhur berjamaah
  Subhanallah yang azan M. Alvin, baru kali ini aku mendengar azan sambil menangis, panggilan cinta Allah begitu indah. Pas abis shalat ustadz Bachtiar sempat sejenak memberi tausyiah lagi.

Alhamdulillah sekianlah catatan kecilku ini. Semoga dapat bermanfaat bagi yang membaca. Dan semoga Allah memberi petunjuk dan kesempatan untuk hadir di taman2 surga serta menuliskan nama2 kita di pintu surga. Allahumma Aamiin.

Jazakumullah Khairan Katsiran