Follower

Jumat, 22 Juni 2012

Ngebolang Ke Museum Nasional A.K.A Museum Gajah


Bismillahirrahmanirrahim,,,,


Yu Huu, kembali bersama saya dengan oleh-oleh cerita ngebolang nih. Kali ini tempat yang saya kunjungi adalah:

Waktu                           : Kamis, 21 Juni 2012 pukul 12.30 WIB
Nama Tempat                  : Museum Nasional/Museum Gajah
Alamat                           : Pokoknya Depan Halte Busway Monas
Rute Naik Mobil               : Naik Busway Jurusan Blok M, turun di halte Monas
Harga Tiket Masuk           : Dewasa IDR 5000, Anak2 IDR 2000, Wisman IDR 10.000 
                                     (Kalo rombongan min 20 orang lebih murah)
Jam Buka                       : Selasa sampai Minggu, Jam operasinya rata2 jam 8 pagi 
   Sampai jam 4 sore (maaf lupa di catat), Hari Senin dan Libur            Nasional tutup

     Pada hari itu, paginya jam 10 ampe jam 12 saya ngajar privat di daerah Komdak. Terus kepikiran abis ngajar mau  ngebolang ahh. Walaupun sendiri (soliter) saya tetep aja maju jalan, hehe. Setelah menimbang, akhirnya saya putuskan mau ke museum nasional, coz emang dari dulu mau ke sana, dan karena dari komdak ke sana dekat, jadi benar-benar keputusan terbaiklah ke sana. Saya ke sana naik busway dari halte polda. Enak naik busway nya coz ga terlalu crowded. Terus saya turun di halte Monas. Dari sana udah keliatan gedung museumnya. Ada di sebelah kiri  halte. Ehm, suasana sekitar jalannya adem deh, coz banyak pohon rimbun.
    
     Eits, pas pintu gerbang saya nyalain video hp dulu deh, tuk mengabadikan perjalanan ini, hehe. Sebelum masuk, sempet nanya ama seorang bapak di mana pintu masuk museum  nasional. Bangunan museumnya bercat putih, dengan arsitektur Kolonial Belanda. Di depan museum ada halaman luas yang berupa taman. Di taman  itu ada patung gajah, nah makanya museum ini juga dikenal dengan museum Gajah. Pas mau beli tiket ada serombongan anak-anak berbaju kuning yang baru aja mau meninggalkan museum. Terus pas beli tiket, penjaga tiketnya lagi makan gitu. Akhirnya yang ngelayanin, bapak2 di sebelah dia. Saya pun sempat nanya, ada musholla- nya ga ini museum. Eh ternyata Alhamdulillah ada. Letaknya di base ment.

     Sebelum menjelajahi museum ada baiknya liat denahnya dulu yang ada di dekat loket tiket. Ternyata ini museum lumayan luas juga, terlebih lagi bangunan gedung baru di sebelah kiri udah jadi dan udah beroperasi. Berikut adalah koleksi yang ada di museum  ini yang saya liat:
a.    Gedung lama: Arca, artefak zaman prasejarah, replika rumah adat, kebudayaan papua, bali, jawa, koleksi keramik, dan koleksi artefak dari emas (lantai 2)
b.    Gedung baru: Sisa pameran kebudayaan islam, fosil fauna dan manusia purba, prasasti, koleksi IPTEK dan ekonomi zaman prasejarah dan sejarah, koleksi alat-alat transportasi tradisional, kafetaria, dan toko suvenir

Saya berjelajah di sana selama kurang lebih 1,5 jam. Pertama ke gedung lama dulu, liat2 dan baca keterangan di koleksinya. Susana di gedung lama ada yang outdoor dan  indoor. Kalo yang indorr pake AC. Pencahayaan di indorr seperti biasa di buat redup, jadi kalo mau foto hasilnya gelap. Oh ya sebenarnya ada peraturan ga boleh foto, bikin video, merokok, dan makan di dalam museum. Tapi kayaknya itu peraturan ga berjalan coz banyak yang melanggar. Salah satunya saya, hehe. Karena saya datang pas weekday jadi museumnya sepi banget. Sampai-sampai saya doang yang ada di salah satu ruangan. Agak ngeri juga sih, apalagi pas di ruangan koleksi emas di lantai 2,,hehe. Walaupun sepi, tapi ada beberapa wisman dari Jepang dan bule dari Amrik or Eropa. Mereka keliling di antar guide. Tadinya saya mau  ngikutin rombongan mereka, biar bisa denger penjelasan guide nya, tapi ga jadi, takut di bilang aneh, hehe. Koleksi di gedung ini lumayan rapi, tapi ada beberapa yang ada debunya, misalnya tempat tidur Dewi Sri, yang spreinya terlihat berdebu. Kalo kebersihan ruangan sangat bersih. Banyak cleaning servicenya. Mereka terlihat mengepel, dan mengelap kaca. Good Job.

Setelah puas di gedung lama, saya menuju gedung baru. Antara gedung lama dan baru di sambungkan dengan ruangan yang dindingnya dari kaca. Jadi view dari luar dapat terlihat jelas. Jangan di tanya viewnya: keren Euy. Banyak pengunjung yang foto di sini. Nah gedung baru ini terlihat lebih modern. Pake AC, ada eskalator dan liftnya (berlantai 4). Koleksi di sini di bagi menjadi 4 lantai. Nah saya kan mau ke lantai atas, ternyata eskalatornya ga jalan. Mau naik lift takut, coz sendiri. Jadi terpaksa naik eskalator. Eh ternyata ada tulisan kalo escalator ini otomatis. Kirain saya kan kayak di mall2 ya, kalo kita injak baru eskalatornya jalan, eh ini saya udah injak ga jalan2 juga, hadeh, bikin aja kek keterangan eskalator di matiin, silahkan naik lift, hehe.

Akhirnya saya naik aja tentu  dengan acara ngos-ngossan. Suasana ruangannya sepi, redup dan dingin. Lagi2 lumayan ngeri. Tapi jalan terus ahhh. Koleksinya lebih terawat dari pada gedung lama. Pas mau  keluar dari ruang koleksi, eh ada mahasiswa universitas Bakrie yang minta saya wawancara. Duh mau  nolak ga enak. Ya udah saya ladenin aja. Pake di videoin lagi. Katanya mereka dari wartawati kampus gitu. Saya udah khawatir aja jangan2 pertanyaannya sulit, eh ternyata cuma soal pendapat tentang museum ini. Ada satu pertanyaan yang menggelitik saya, yaitu “bagaimana caranya agar masyarakat terlebih anak muda mau sering berkunjung ke museum”. Karena seperti yang saya udah ceritain, ini museum kalah ramai ama mall. Wahai anak muda, berkunjunglah sekali-kali ke museum,  ga ngebetein kok. Saya aja yang sendiri enjoy, apa lagi kalian yang biasanya se erte kalo jalan2 pasti seru deh.

Lelah berkeliling, esophagus mulai teriak minta seteguk air. Alhamdulillah mata ini ngeliat lemari pendingin di pojok ruang. Ya udah capcus lah ke sana, yang ternyata itu kafetaria (warung kayaknya). Saya beli fresh tea markisa IDR 7000 (ga mahal2 amat, cuma beda 1000). Eh itu kafetaria merangkap toko souvenir juga. Ya udah saya beli aja tas tentengan kain dengan gambar icon keluarga Phitecantropus erectus. Duh malu juga nih kalo di tenteng2, coz itu manusia naked. Yach  udah terlanjur beli, ga pa2 deh. Suvenir yang lain ada, tapi jenisnya dikit. Bolehlah kamu mampir ke sini tuk melepas dahaga dan membeli kenangan.

Abis itu saya akhirnya pulang. Pas keluar dari pintu gedung, saya niat mau ke base ment, mau liat mushollanya. Liat doang coz lagi ga sholat, hehe. Eh kok pas sampe base ment ga ada ciri-ciri penampakan mushollanya. Karena udah capek, saya malas nanya ama bapak2 yang ada di sana. Akhirnya saya pulang aja deh, naik busway lagi ampe Cengkareng.

Oke itulah cerita ngebolang saya kali ini. Semoga ilustrasinya bermanfaat bagi kamu yang mau ke museum  ini. Seperti tag line “Museum Di Hatiku”, saya berpesan jadikanlah museum sebagai agenda ngebolang kamu, hehe. Museum ini layak kamu kunjungi kok..Ok sampai bertemu di goresan pena ngebolang berikutnya ya. Ehmm,…mudah2an ga soliter lagi..hehe.


3 komentar:

  1. Massage man for man in Jakarta.
    Massage Full Body & vitality 1,5 hours Rp.200.ribu.
    Nelson Tan.
    Hp/WA 081376243686.
    Pin bb:21brbcf2

    BalasHapus
  2. Massage man for man in Jakarta.
    Massage Full Body & vitality 1,5 hours Rp.200.ribu.
    Nelson Tan.
    Hp/WA 081376243686.
    Pin bb:21brbcf2

    BalasHapus