Follower

Selasa, 26 Juni 2012

Yeah, JakBook 2012 I Love It, Plus Launching Novel ibuk,


Bismillahirrahmanirrahim,,,,,


Assalamualaikum, Hai man-teman. Saya kali ini ngebolang yang sesuai hobi saya banget nih. Dan kali ini saya mengunjungi tempat ini sebanyak 2 kali berturut-turut. Yang pertama soliter dan kedua duet dengan teman tutor di BBISP, namanya Endang Widi. Tempat tersebut bernama “Jakarta Book Fair” berlangsung di Istora Senayan. Oke inilah point per point mengenai edisi ngebolang kali ini:

Waktu Ngebolang : 1. Sabtu, 23 Juni 2012 pukul 10.00-18.00 WIB
                              2. Minggu, 24 Juni 2012 pukul 10.00-17.00 WIB
Nama Tempat       : Jakarta Book Fair
Alamat                  : Istora Senayan
Rute Naik Mobil   : Naik Busway Jurusan Blok M, turun di halte Polda
Harga                               Tiket Masuk         : Gratis
Waktu Buka         : 23 Juni - 1 Juli 2012, pukul 10.00-21.00 WIB
Deskripsi Tempat  : Pameran Buku Umum, Launching Buku, Diskusi Buku, Hiburan

Pada ngebolang hari pertama, saya berangkat pukul 9.30 dengan naik busway. Alhamdulillah buswaynya lagi2 ga crowded. Sepanjang perjalanan ada hal unik, yaitu ada sekelompok orang berpakaian daerah longmarch sepanjang jalan Thamrin. Dari keterangan spanduk yang mereka bawa kayaknya itu tentang peringatan kebudayaan gitu deh, hehe. Udah hal unik nya cuma itu aja. Terus saya turun di halte Polda dan jalan ke Istoranya yang lumayan jauh (10 menit). Pas di jembatan penyebrangan saya beli martabak tahu dulu, mayan buat nyemil ntar kalo udah capek keliling.

Di jalan menuju Istora, ada spanduk acara JakBook ini, tapi sayang spanduknya nyempil, bersandingan dengan spanduk pameran wedding. Pas sampe depan Istora, baru ada gapura JakBook yang desainnnya beda dari tahun kemarin. Kali ini memakai maskot burung hantu dan di dominasi warna merah, hijau, coklat, dan putih. Motto JakBook nya adalah “Book For A Better Life”. Oh ya tahun dulu2 JakBook ini di kenal dengan nama “Pesta Buku Jakarta”. Selain gapura, juga ada spanduk karikatur gubernur Jakarta yang bentar lagi ketar-ketir kepilih lagi or lengser, coz dikit lagi mau pilkada nih. Di spanduk itu Bang Foke berujar “Baca buku yuk! Biar banyak tahu dan banyak ilmu…”. Definitely I agree with him, hehe.

Oh ya kebetulan hari itu adalah acara pembukaan JakBook nya. Eh, pas mau masuk ke dalam Istora ada kejadian yang kalo dilakuin mungkin akan memalukan saya, hehe. Gini ceritanya, kan ada antrian orang masuk ke dalam Istora, terus orang2 tersebut pada ngisi buku tamu dan dikasih snack dan souvenir tas. Kirain saya mungkin hari pertama, pengunjung emang diperlakukan seperti itu. Ya udah saya ikutan antri lah di barisan itu, eh lama-lama saya curiga, kok ada pengunjung yang nyerahin undangan gitu ke panitianya. Waduh saya kan ga punya undangan, ya udah akhirnya keluarlah saya dari antrian tersebut. Dan karena penasaran saya pun bertanya ama pusat informasi ga jauh dari situ. Oh ternyata, itu adalah antrian untuk undangan pembukaan JakBook. Untung kaga jadi masuk dari situ kalo ga mau di taro dimana ini muka, hehe. Akhirnya saya masuk dari pintu di sebelahnya.

Tadi pas di pusat informasi, teman-teman dapat minta brosur denah dan acara JakBook selama seminggu yahhh. Karena dengan brosur tersebut kita jadi bisa tau stand penerbit apa aja yang ada dan letaknya dimana. Dan juga ada jadwal acara launching buku oleh penulis terkenal, bahkan penulis kalangan artis. Suasana pas masuk kesannya kok sepi, mungkin baru hari pertama dan masih pukul 11 pula. Saya pun langsung menuju stand Pustaka Al Kautsar. Di sana saya beli buku incaran saya yaitu: The Book Of Codes, The Escape, dan Sirah Nabawiyah. Totalnya kisaran 150 ribu. Untuk  2 buku pertama bergenre konspirasi sejarah berbentuk novel, buku ketiga adalah buku wajib bagi seorang muslim, yaitu mengenai sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW. Ehm, dan ternyata saya adalah orang yang pertama kali membeli buku karya Bang Zaynur Ridwan berjudul “The Book Of Codes” (kata mb2 standnya) loch, hehehe, bangga gitu. Kirain mau dapat hadiah, ga taunya engga, hehe, udah ge er aja.

Setelah itu saya menuju ruangan panggung utama. Dan ternyata di sana lagi ada pembukaan JakBook oleh Fauzi Bowo. Rame juga acaranya euy, bisa moto walau dari jarak jauh. Di sekeliling panggung utama, juga ada stand2 buku, yaitu Mizan, Gema Insani, Gagas Media, Penebar Swadaya, Gramedia Kompas, Maghfirah, dan TB. Kharisma. Saya ga beli buku di stand itu karena emang ga ada incaran, dan setelah di liat- liat ga ada yang cocok. Tapi di TB. Kharisma, mata ini ngeliat pembatas buku yang lucu dan murah (1000-2000), jadi beli aja deh. Di situ juga ada beberapa produk yang diskon 15% (dikit amat yah).

Waktu menunjukkan pukul 12.00, saya pun menuju musholla tuk shalat zuhur. Mushollanya tuk cewek di bawah, tuk cowok di lantai 2. Abis shalat saya pun menuju Stand Republika. Dan tujuan saya ke sini adalah tujuan utama saya, yaitu mau ketemu ama penulis favorit saya yang katanya akan stand by dari pukul 11 di Republika. Penulis tersebut adalah Tere Liye. Tapi sayang pas saya sampe sana, Bang Tere belum datang, yachhh kecewa saya. Tapi ga pa2 lah, akhirnya saya beli novel beliau yang Eliana, kebetulan diskon 20% jadi 48 ribu dari harga asli 60 ribu. Kata mas2 standnya, Bang Tere datang  kisaran pukul 1, dan akan bedah buku “Berjuta Rasanya” pukul setengah 5. Wow pukul setengah lima masih lama, tapi kalo nunggu jam 1 saya jabanin juga ahhh. Tuk mengisi waktu menunggu saya pun berkeliling ngeliat-liat buku. Dan ga ada yang menarik perhatian saya. Stand buku yang ada emang kurang banyak di bandingkan IBF bulan Maret kemarin. Bahkan stand VCD Syamill ga ada, padahal saya mau beli tuk sepupu.

Lantai 1 udah saya kelilingin,setelah itu niat mau ke lantai 2. Dan ternyata di lantai 2 ga ada satu pun stand, alias ga di pake tuk pameran. Ehm, keliatan bedanya ama IBF yang penuh ampe lantai 2. Puas keliling, saya pun balik ke stand Republika, karena waktu udah pukul 1. Yacccch lagi2 kecewa, coz batang hidung Bang Tere belum datang. Ya udah deh, karena ada acara lain di tempat lain, saya pun meninggalkan JakBook, dengan tentengan yang tidak berat, coz beli bukunya dikit. Petualangan JakBokk akan berlanjut esok hari, To Be Continued, hehe.

Dari JakBook Ke Gramedia Matraman: Launching Novel “ibuk,” karya Iwan Setyawan

Acara lain tersebut masih berhubungan ama buku. Saya tahu acara ini dari facebook GPU. Walaupun saya belum pernah baca karya penulis ini, tapi kenapa ya pikiran ini tertarik tuk ikut launching novel ini. Jadi walaupun tempatnya jauh, saya jabanin pula dengan seorang diri. Saya ke sana naik kopaja 19 turun di Benhil, terus naik 213. Nah selama di 213, ada kejadian unik, yang bikin ngakak. Yaitu ada seorang pengamen bermodalkan suara aja. Pas awal2 saya ga terlalu merhatiin, eh pas di denger2, itu lirik lagu adalah ciptaan pengamen sendiri. Dan liriknya bertemakan bola semua, mulai dari bola dalam negeri ampe yang lagi berlangsung sekarang yaitu piala Eropa. Ckckck patut di appreciate nih pengamen coz kreatif dan butuh otak tuk bikin itu lirik. Sontak para penumpang pada senyum2 sendiri ngedenger itu pengamen, hehe.

Pukul 2 saya sampe Gramed Matraman. Dari lobby udah ada spanduk bertuliskan launching novel ibuk, terus di lantainya juga ada petunjuk pake tanda panah dimana tempat launching dilaksanakan. Kreatif juga ini panitia, saya pun ngikutin petunjuk itu. Ternyata tempatnya di lantai 2. Saya registrasi di pintu masuk ruangan, dan beli itu novel on the spot seharga 58 ribu. Hadiah dari beli novel ini adalah  tas kain batik dan notes. Eleh2 ternyata di sana juga disediakan kue dan minuman gratis. Ga nyangka banget ini launching buku di desain dengan baik. Kirain saya kan paling cuma bedah buku aja. Ternyata ada hiburannya berupa artis Penta Boys dan Stoya Band (personilnya cewek). Dan keren juga penampilan Penta Boysnya, kalo Stoya saya ga suka, coz pakaiannya parah, aurat di umbar, ckckck.

Balik ke soal novel ini yahhh, penulisnya bernama Iwan Setyawan. Beliau udah bikin 2 novel. Yang pertama “9 Summers 10 Autums” (best seller) dan kedua “ibuk,”. Novel pertama bercerita tentang perjuangan penulis yang seorang anak supir angkot akhirnya bisa sukses kuliah dan kerja di New York. Nah novel keduanya bercerita perjuangan ibunya tuk mendukung cita2 anaknya sampai sukses, walaupun itu ibu hanya ibu RT biasa. Sampai saya tulis ini cerita, saya belum sempat baca itu novel. Kayaknya sih bagus. Tunggu resensinya yahhh.

Mengenai sosok penulisnya, saya terkejut karena penulisnya mungil gitu. Ampe di cengin ama MC radio Mustang. Tapi apalah arti fisik, jika kita punya kelebihan lain. Dan kelebihan Mas Iwan ini adalah mampu mengemas cerita hidup dia dalam bentuk novel. Orangnya juga supel dan sangat ramah. Saya mengalami langsung pas minta booksigning. Beliau bertanya nama saya dan tinggal dimana. Saya bilang tinggal di Cengkareng. Eh dia terkejut, katanya jauh amat. Ehm pasti dia mikirnya Cengkareng bandara Suta deh, padahal ga jauh2 amat kayak Suta. Dia pun berterima kasih sama saya karena udah datang ke acara ini. Ama penggemar dia yang lain, juga begitu, di tanyain satu per satu. Ramah benerr kan???.
Tapi ada satu yang saya kecewa, dia sempat mengucapkan fuck, damn it, dan sialan waktu sesi bedah buku,walaupun kayaknya becanda. Mungkin bagi beberapa kalangan hal itu biasa saja, tapi bagi saya itu tetap saja kurang sopan. Mudah2an ke depannya ga lagi ya Mas Iwan.

Acara selesai molor ampe jam 5. Kesimpulannya saya ga nyesel dateng ke acara ini karena seru dan menemukan pengalaman baru. Tapi harapan saya ga terwujud, yaitu dapat teman baru yang satu hobi baca buku. Ada sih interaksi saya ama penonton lain, tapi mereka cuma minjem pulpen saya doang. Ga pa2 lah, mudah2an di acara launching buku berikutnya dapat teman baru yang seru dan berpikiran positif. Oke kalo teman-teman tau ada acara semacam kayak gini, datang aja lagi, karena selain gratis juga ada manfaatnya, apalgi bedah buku agama, hehehe. See u at next book launching berikutnya.

Lanjutan JakBook Part II

Hai, ini cerita JakBook hari kedua yaa. Pada hari minggu saya ke JakBook ama teman saya yang saya sebutin sebelumnya yaitu Endang Widi. Saya janjian di halte Slipi Jaya, dan dari sana naik bis jurusan Blok M. Wah, ternyata jalan ke Polda di tutup, jadi bisnya ga lewat Polda. Kami pun turun di pintu Senayan yang dekat Gelora Bung Karno. Otomatis jalan ke Istoranya jauuuuuh. Bete banget saya waktu moment ini. Akhirnya sampe juga di Istora. Sebenarnya saya ga terlalu excited lagi ke sini, tapi demi janji ama temen saya jabanin juga. Alhamdulillah pas di panggumg utama, hati saya kembali bahagia, coz ada acara bedah buku “Emperpreneur”, trus ada artis korea “Eru”, launching buku “Cahaya Di Atas Cahaya” karya  Okky Setyana Dewi (OSD), dan launching buku “Balance” karya Melly Goeslaw.

Untuk acara artis Korea bernama Eru, ini adalah surprise, coz ga ada di jadwal acara. Dan kirain saya MC nya cuma becanda. Ga taunya beneran, Eru datang ke JakBook untuk promosi film dan buku “Hello Goodbye”. Dia jadi cameo di film itu. Kemudian Eru nyanyi 2 lagu slow berbahasa Korea, yang menurut saya suaranya bagus dan lagunya enak. Untuk acara OSD, banyak yang liat juga, pada berebut foto2. Saya sempat ada pikiran mau beli buku OSD, tapi ga jadi coz buku di rumah udah pada ngantri tuk di baca. Lain kali aja deh. Akhir tahun juga ada Bookfair lagi.

Abis shalat zuhur, saya nemenin teman hunting buku. Saya yang tadinya ga niat beli buku lagi, eh pas liat deretan buku murah kisaran 5000-10000, jadi ikutan beli. Dan di stand Mizan saya nemu buku saku “Contekan Rumus Biologi SMA Ala Bimbel” yang ternyata bagus cuma seharga 5000. Tuk buku-buku murah lainya kalo kita jeli memilih banyak juga kok yang bagus isinya. Kuncinya mau berlelah dan berdesakan tuk memilih buku2 itu, karena pada hari minggu biasanya JakBook lebih rame, apalagi pas tanggal 1 Juli nanti (penutupan)

Sebenarnya tujuan utama saya berkunjung di hari Minggu ini, karena lagi2 mau ketemu penulis favorit saya yaitu Muhammad Assad, penulis buku Notes From Qatar 1 dan 2. Pada jadwal acara di website JakBook ada beliau. Tapi ternyata mungkin acaranya dibatalin, Ehm, padahal pengen ketemu banget. Kecewa tuk kedua kali. Abis teman saya puas berkeliling, kami pun pulang. Dan pas pulang ada kejadian bĂȘte lagi. Kalo di ceritain panjang deh, hehehe.

Oke kesimpulan ngebolang ke JakBook 22th tahun ini adalah menarik karena berkesempatan ngeliat penulis launching buku dan melihat performance artis korea walaupun ga ngefans. Terus dapat membeli buku2 incaran yang semoga ini buku membuat hidup saya jadi lebih baik. Nah untuk kalian yang belum datang ke JakBook, ayo lah datang masih ada waktu ampe tanggal 1 Juli. Semoga kunjungan kalian ke sini bisa mengubah mindset teman-teman melalui sebuah buku yang mengubah hidup teman-teman. Oke sampai di sini cerita ngebolang nya yahhh. See u at the next ngebolang…..

     




           



Tidak ada komentar:

Posting Komentar